Tanya Ke Simbah

evrything what you want known

Resep awet tua ala simbah

Ceritanya saat turun hujan deras dan ane duduk di kursi yang terbuat dari kayu.Embah ane datang membawa segelas kopi hitam kental 2/3 manis.

  • Simbah :Nyoh tak gawekke kopi le.kopihujan
  • Ane       :matur suwun mbah, laras ngih mbah adem adem ngunjuk kopi
  • Simbah : hayo kajobo enak kopi iku yho marai sehat
  • Ane       :lha..kok saget mbah
  • Simbah : Ngeneki ceritane…….

 Cerita simbah

Biar mbahmu ini lahir tahun 1934 alias jaman londo tapi masih kuat memberi makan 3 ekor kambing.Dan sampai saat ini masih sehat wal afiat.Tak kasih tau resep sehat ala mbahmu iki.

Makan

Makanlah makanan yang kebersihannya terjaga.maksudnya jangan makan buah,sayur atau daging yang penanaman dan pemeliharaanya tidak berbau obat obatan kimia sekali.Misalnya jangan memakan kacang yag di saat penanamanya di semprot peptisida. Jangan makan daging tidak sehat misal ayam pedaging yang pasti menggunakan obat atau vitamin dalam masa pemeliharaannya.mending makan ayam kampung yang lebih sehat dan tentunya lebih gurih.

Minum

Minumlah air putih hangat tapi selera mbahmu ini ya kopi.Rata rata sehari habis 3 gelas maksimal 5 gelas.Jangan banyak banyak karna sesuatu yang berlebihan itu tetap tidak baik.Harus kopi hitam asli buatan orang desa bukan pabrik.Lagi lagi kalau buatan pabrik pasti berbau campuran bahan kimia.Tapi kalau hand made wong deso pasti dari biji kopi asli dan tanpa bahan campuran sama sekali.kopi itu bagus buat nambah setamina dan semangat hidupmu kerja juga tambah semangat.Kata orang kopi memberi antioksidan untuk tubuh kita.

Obat

Simbahmu ini sampai umur 81 tahun belum pernah namanya minum obat obatan yang di jual di warung atau di apotek.Selain rasanya pahit pasti ada efek samping yabg di timbulkan.Jadi ko mbahmu ini pusing, batuk atau pilik obatnya yha cuma satu yaitu gualai kambing.Daging kambing mengandung zat besi tinggi hingga bagus untuk kekebalan tubuhmu.

Nah yang palin penting itu jangan biarkan tubuhmu bermalas malasan.Usahakan harus bergerak untuk membuang kringat dari dalam tubuhmu.Serta selalulah positif thinking karna hidup ini memang untuk di nikmati serta disyukuri.

Tak terasa siang telah berganti sore dan hujan masih membasahi bumi.Ane berlalu meninggalkan simbah tercinta setelah mengucapkan terima kasih atas ilmu hari ini.

Leave a comment

Information

This entry was posted on 02/17/2015 by in sehat ala simbah and tagged , , , .

Navigation